Jajanan Anak Sekolah yang Sehat dan Bergizi

Jajanan anak sekolah bisa menjadi tambahan nutrisi yang baik bagi anak-anak asalkan memiliki kandungan gizi yang baik dan juga sehat. Selain mengkonsumsi makanan pokok yang sehat, tambahan gizi bagi anak-anak juga bisa diberikan dengan memberikan makanan jajanan yang sehat dan juga bergizi. Jika anda khawatir memberikan makanan bagi anak-anak yang kurang sehat dan juga khawatir akan mengakibatkan gangguan kesehatan bagi anak maka anda bisa membuat sendiri jajanan untuk anak-anak. Jika memang ingin menjajal makanan atau jajanan pastikan untuk memilih jajanan atau makanan yang sehat. Makanan atau jajan sehat memiliki beberapa ciri yang bisa dikenali sehingga anda bisa mencari jajanan sehat untuk anak atau mengingatkan anak untuk membeli jajan yang sehat. Jadi jangan sampai anak-anak menjadi tidak sehat hanya karena memilih jajanan sembarangan yang tidak sehat.

Saat memilih jajan, ada beberapa tips atau cara yang bisa dicoba untuk bisa menghindari makanan atau jajanan yang tidak sehat. Biasanya, jika jajanan tidak sehat dan bisa saja mengandung bahan yang berbahaya maka bisa jadi warna makanan atau jajanan yang dijual ini memiliki warna yang sangat mencolok dan warnanya sangat tidak wajar. Biasa saja jajanan ini menggunakan pewarna makanan yang tidak sehat. Ciri lain dari jajanan anak sekolah yang tidak baik untuk dikonsumsi adalah cara makanan yang tidak higienis seperti diantarnya adalah makanan yang dikerumuni banyak alat atau alat penyajian yang terlihat tidak bersih dan sebagainya. Panggunaan zat perasa yang tidak alami atau zat perasa sintetis juga kurang baik untuk kesehatan. Jadi jika menemukan jajanan yang rasanya begitu tajam maka sebaiknya dihindari saja. Satu lagi, jangan sampai tergiur dengan harga murah akan tetapi pastikan kesehatan dan juga kebersihan dari makanan yang dibeli.

Untuk menghindari agar anak-anak tidak membeli jajanan sembarangan dan juga tidak sehat, ada baiknya jika ibu-ibu ini membuat jajan sendiri untuk bekal anak ke sekolah sehingga anak-anak tidak perlu jajan. Ibu pun tidak perlu khawatir kesehatan anak akan terganggu akibat jajanan yang tidak sehat. Ibu bisa membuat kreasi jajanan anak yang sehat dan bergizi sehingga anak-anak dapat memakan snack jajan yang sehat. Ada banyak sekali bahan yang dapat dan dikreasikan sehingga anak akan suka dan semangat untuk makan jajajan sehat yang ibu buat. Mulai dari yang sederhana saja membuatkan bekal anak roti bakar keju atau coklat yang untuk bekal yang pasti anak suka. Sosis yang dikreasikan juga bisa menjadi jajan sehat dan disukai anak atau donat. Jadi membuat jajanan anak sekolah yang sehat dan bergizi akan membantu ibu mencukupi kebutuhan gizi untuk anak-anak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*