Cara Menata Dapur Bersih dan Tertata Rapi Meskipun dalam Ruangan yang Terbatas

tips dapur bersih

Memiliki dapur yang bersih dan rapih adalah kebanggan bagi setiap ibu. Tidak mudah memang, dikendalai oleh banyaknya peralatan memasak, bumbu-bumbu yang diracik, dan terbatasnya ruang penyimpanan bahan makanan juga kerap kali menjadi halangan bagi para ibu rumah tangga untuk mejaga dapurnya tetap rapih. Belum lagi ada masalah lain, yaitu bila ruangan dapur anda terbatas dan tidak seberapa luas. Pasti semakin membingungkan anda, bukan?.

Tetapi selalu ada jalan untuk menyelesaikan setiap masalah. Jangan putus asa karena yang anda perlukan hanyalah berpikir sedikit lebih kreatif. Banyak ide muncul justru ketika anda sedang dalam keadaan di ujung keruwetan masalah tersebut. Berikut ini kami sajikan beberapa saran agar anda bisa terinspirasi tips dapur bersih dan rapih, meskipun dapur anda mungkin tidak begitu luas tetapi bisa tetap rapi dan tertata dengan baik.

  1. Urutkan Penyimpanan dan Tata Penyimpanan Peralatan Dapur Anda.
    Kadang kita bingung bila ingin meletakkan panci sehabis masak yang ingin digunakan kembali. Di lain tempat kita lupa menaruh saus tomat dimana. Nah, tipsnya agar kejadian seperti itu tidak terjadi lagi adalah dengan menata peralatan dapur anda dengan menempatkan hal-hal yang berkaitan besebelahan. Misalnya, tempat pencuci piring dengan wastafel. Kemudian, kulkas dan tempat bumbu dekat kompor, dan sebagainya. Oiya, dan jangan lupa untuk selalu menaruh kembali benda yang sudah digunakan untuk diletakkan kembali ke tempatnya agar tidak berantakkn dan membuat anda kesal sendiri nantinya karena menunda meletakkan benda-benda tersebut kembali.
  2. Jangan Biarkan Tugas Pasca-Masak Menumpuk
    Sering sekali karena mungkin capek dan panas setelah memasak, kita menunda pekerjaan yang kita pikir bisa kita kerjakan nanti, padahal justru itu akan menambah pekerjaan kita nantinya. Ya, mencuci peralatan memasak. Bila ada minyak di wajan yang akan digunakan kembali esok hari, sebaiknya anda pikirkan terlebih dahulu apakah minyak tersebut sudah cukup pekat atau belum. Bila memang sudah pekat, alangkah baiknya bila wajan itu dicuci saja. Selain membuat pemandangan menjadi kurang enak dilihat. Minyak bekas sudah pasti kurang sehat bagi tubuh. Ketika mencuci selalu gunakan sabun pencuci piring, khususnya yang anti lemak membandel dan anti bakteri.
  3. Gunakan Kitchen Set atau Lemari Dapur
    Tips dapur bersih dan rapih yang ketiga memang solusi yang agak merogoh kocek, tapi solusi ini terbukti dapat membuat dapur anda lebih menarik dan lebih rapih. Anda bisa membeli kitchen set di banyak toko-toko khusus kitchen set di pinggir jalan dan anda juga bisa mendiskusikan desainnya bersama sehingga bila ruangan dapur anda tidak cukup besar, anda juga bisa meminta desain minimalis. Tapi, jangan lupa untuk selalu merawat kitchen set anda juga nantinya, agar dapur anda tetap sedap dipandang.

Itulah tips-tips sederhana agar dapur anda tetap indah, rapih, dan bersih. Sebenarnya kunci sejati dari kecantikan itu adalah kebersihan. Maka, tidak ada jalan lain selain ada harus rajin membersihkan barang-barang yang ada di dapur anda. Selain memperhatikan tips kami di atas, ada baiknya anda juga mencari peralatan pebersih dapur seperti sapu, lap, pembersih keramik, kanebo, dan sebagainya. Juga jangan lupa untuk menata diri anda sendiri agar selalu disiplin dan rajin dalam membersihkan dapur anda. Toh, anda juga kan yang mendapatkan manfaatnya. Semoga tips dapur bersih ini bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*