Bebaskan Tempat Cuci Piring Dari Bakteri

Tempat cuci piring adalah bagian dari dapur yang sering menyimpan bakteri. Mengapa demikian? Karena tempat ini digunakan untuk membersihkan beberapa benda dan bahan makanan dari berbagai kotoran baik kotoran saat bahan masakan belum dimasak, dan juga setelah selesai makan. Tempat yang biasa disebut dengan wastafel ini menyimpan banyak bakteri yang mengancam kesehatan keluarga anda. Untuk itu, anda harus sering membersihkan wastafel ini secara rutin. banyak cara yang bisa dibiasakan setiap hari agar wastafel tetap terjaga kebersihannya. Bagi anda yang menggunakan jasa asisten rumah tangga, perlu adanya edukasi bahwa kabersihan itu hal yang penting. Sering kali, bersih hanya diukur dari yang terlihat saja. Padahal, benda atau tempat yang terlihat bersih dari mata sering kali menyimpan jutaan bakteri. Jika dapur kita kotor dan banyak bakteri, maka keluarga anda akan sering terkena penyakit. Bakteri yang berada di dapur bisa melompat ke dalam makanan dan akan masuk ke dalam tubuh. Kondisi dapur yang kotor juga disukai bakteri untuk hidup berkembang.

Tempat cuci piring yang bersih mewajibkan anda sebagai anggota rumah untuk melakukan beberapa tips membersihkannya. Yang pertama, adalah biasakan untuk membuang sisa makanan terlebih dahulu sebelum membilasnya. Jangan anda biarkan ada sisa makanan yang masuk ke dalam wastafel anda walau berukuran kecil. Selain berisko menyumbat pipa, bisa juga bakteri akan tinggal di dalamnya. Lalu, yang kedua adalah membesihkan permukaan dari wastafel. Permukaan yang kotor akibat baru digunakan untuk mencuci makanan yang berminyak dan berlemak itu mudah. Anda bisa gunakan lemon dan garam untuk menggosoknya. Atau lebih praktisnya lagi, anda bisa membeli sabun cuci anti bakteri untuk membersihkannya. Tips ketiga, bersihkan pipa pembuangan secara berkala. Pipa pembuangan memungkinkan bakteri untuk tinggal disana. Selain masalah kesehatan, bisa saja pipa anda tersumbat jika tidak dibersihkan. Bersihkanlah dengan menuangkan baking soda ke pipa pembuangan lalu diamkan beberapa saat. Setelah anda diamkan, siram dengan air panas agar semua kotoran bisa terangkat. Tips keempat, bersihkan dapur secara berkala terutama untuk permukaan wastafel. Biasakan untuk selalu mencucinya setiap hari.

Selain menjaga kebersihan Tempat cuci piring anda juga harus sering mengganti spons cuci piring anda. Spons cuci piring sering kali menyimpan banyak kotoran dan bakteri yang tidak mudah hilang. Gantilah spons anda sekitar 2 minggu sekali agar kebersihan tetap terjaga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*